pasang iklan
Latest Updates

Cara Resep Membuat Siomay Bandung

Siomay. Makanan khas bandung ini memang telah tersebar di seluruh nusantara. Tak ayal makanan daerah ini sangat digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang enak, gurih, manis dan pedas membuat Siomay bandung cocok sekali untuk hidangan ringan. Nah, pada kesempatan kali ini, AzamQ akan berbagi resep siomay bandung asli beserta cara membuatnya. Langsung saja ya sahabat, berikut bahan-bahannya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.
resep siomay bandung

Bahan untuk membuat adonan Siomay:
350 gram daging udang
250 gram ayam cincang
100 gram tepung kanji
3 siung bawang putih >>> Resep asli memakai 2 siung
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh garam
1 sendok teh fish sauce >>> fish sauce tidak dipakai di resep asli
1/2 sendok teh merica bubuk
1 butir telur, kocok
Bahan untuk kulitnya:
10 lembar kulit pangsit
Bisa juga menggunakan tahu, pare, telur dan kentang sebagai kulitnya.

Bahan untuk Sambalnya:
150 gram kacang tanah yang sudah di sangrai
50 gram kemiri, disangrai juga
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah
1 sendok makan cuka
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan gula pasir
100 cc air matang
Sekarang saatnya untuk membuat adonan Siomay ini, caranya cukup mudah kok, tinggal campur aja semua bahan yang ada diatas menjadi satu. Bisa menggunakan food processor atau pulse. Tapi ingat jangan terlalu lama supaya ada tekstur kasarnya.

Sesudah adonan selesai dibuat, tinggal masukkan ke kulitnya. Jika menggunakan kulit pangsit, maka bentuk seperti mangkuk dan mekarkan di tepinya. Kemudian kukus sampai matang dan angkat.

Yang terakhir adalah membuat saus kacangnya. Disini anda bisa menghaluskan kacang tanah terlebih dahulu, kemudian tambahkan bawang putih, kemiri, cabai merah, garam, gula, sedikit cuka dan air secukupnya. Aduk hingga rata dan tambahkan air jika terlalu kental.

Sip, Siomay sudah jadi dan siap untuk disajikan bersama dengan sambal kacang, kecap dan perasan jeruk nipis. Semoga bermanfaat ya teman postingan mengenai cara membuat siomay beserta langkah-langkahnya ini. Simak terus resep lainnya seperti resep kue kering lebaran di arsip yang lalu.

0 Response to "Cara Resep Membuat Siomay Bandung"

Posting Komentar